Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tips Atau Cara Menurunkan Kompetensi Dasar KD Menjadi Materi atau Muatan Ajar Sekolah PAUD

Tips atau cara menurunkan kompetensi dasar (KD) menjadi materi atau muatan ajar pada sekolah PADU setiap pembelajaran PAUD hal ini sangat penting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, Buka menekankan pada penguasaan materi kerena penilaian atau assessment pada program anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan pada kurikulum 2013 PAUD pendidikan anak usia dini.

Namun dengan demikian proses pembelajaran pada usia dini dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan, sikap, keterampilan anak yan sesuai dengan kompetensi dasar dengan memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia pada umumnya. Oleh karena itu pendidikan juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai dengan kompetensi dasar.

Dalam kegiatan pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, baik terkait dengan kelulusan bahan atau materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat/sumber belajar, bentuk pengorganisasian kelas dan juga cara penilaiannya. Dalam setiap kegiatan pembelajaran PAUD, seorang pendidik perlu memberikan dorongan dan dukungan kepada peserta didik untuk mengungkapkan kemampuannya dalam membangun gagasa, berpikir dengan kemampuan yang di milikinya.

Pendidik berperan sebagai seorang fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, motivasi dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, seorang pendidik hendaknya mamu mengembangkan pola interaksi dengan berbagi pihak yang terlibat di dalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kretif, responsif serta interaktif dalam kegiatan  pembelajaran.

Perlu adanya pemahaman Materi/Muatan ajar:
1. Mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan anak
2. Memperluas pengalaman bermain yang bermakna
3. Menumbuhkan minat belajar anak.

Adapun untuk langkah-langkah penyusunan materi atau mutan ajar antara lain;
1. Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar (KD). kemampuan apa uamh diharapkan dari KD tersebut
2. Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
3. Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak
4. Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di satuan TK pembina negeri
5. Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD

Sebagai contoh menurunkan kompetensi dasar KD manjadi materi atau muatan ajar bisa dilihat pada dibawah ini;
Tips Atau Cara Menurunkan Kompetensi Dasar KD Menjadi Materi atau Muatan Ajar Sekolah PAUD
Demikianlah yang dapat kami informasikan secara singkat dari Tips Atau Cara Menurunkan Kompetensi Dasar KD Menjadi Materi atau Muatan Ajar Sekolah PAUD, semoga bermanfaat dan dapat memberikan sedikit wawasan tentang pembelajaran di sekolah paud.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Atau Cara Menurunkan Kompetensi Dasar KD Menjadi Materi atau Muatan Ajar Sekolah PAUD di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com