Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Perangkat Pembelajaran yang Harus Dimiliki Oleh Guru

Perangkat Pembelajaran yang Harus Dimiliki Oleh Guru ini yang memang harus di siapkan oleh guru yang memang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik. Dengan perangkat pembelajaran ini sebagai alat proses belajar mengajar di mulai. Tentunya dengan perangkat pembelajaran yang dibuat ini dapat memperlancar kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Apa saja perangkat pembelajaran yang harus di buat dan dimiliki guru?

Perangkat Pembelajaran yang Harus Dimiliki Oleh Guru

Selengkapnya akan kami uraikan yang memang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran di sekolah masing-masing. Berikut perangkat yang harus di siapkan.

1. Silabus
Perangkat Silabus ini berisikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus di capai oleh guru terhadap peserta didik. Unuk mencapainya sendiri harus diukur berdasarkan indikator pencapaian. Silabus kita kibaratkan sebuah ringkasan dari kurikulum karena di dalamnya terdapat target pencapain, media dan yang lainnya.

2. Rpp
Untuk bagian Rpp merupakan suatu langkah-langkah yang harus di tempuh oleh guru dalam rangka pemberian pelayanan kepada siswa, Dengan perencanaan yang dirancang mencakup model, metode, evaluasi dan instrumen penilian.

3. Prota (Program Semester)
prota merupakan batasan materi yang harus di selesaikan dengan waktu yang trtera jelas dalam tabel program tahunan. program tahunan berisikan distribusi materi selama satu tahun pelajaran yang terdiri dari dua semester. dan prota itu sendiri merupakan terbentukn dari program semester.

4. Promes (Program Semester)
Program Semester ini merupakan gambaran dari distribusi materi selama satu semester berdasarkan pada SK dan KD yang telah di rumuskan dalam standari isi.

5. Buku Absensi
Buku absensi ini berisikan sejumlah nama peserta didik ( siswa) dalam stiap kelas yang kita bina. Maka buku ini digunakan untuk mengontrol kehadiran peserta didik.

6. Buku Jurnal Kelas
Buku ini berisikan beberapa catatan penting seperti penilaian peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab dan kerjasama

7. Buku Penilaian
Untuk buku ini digunakan untuk menyimpan data-data hasil evaluasi terhadap peserta didik setiap kelasnya atau bisa perbundel

8. Bundel Portofolio
Tugas-tugas yang di kerjakan oleh siswa di satukan menjadi satu bundel, biasanya ini digabung perkelas bahkan bisa perindividu. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik di setiap semesternya. Karena dengan bundel portofolio ini setiap guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajarannya.

9. Bak Soal
Bak soal ini merupakan kumpulan buku yang berisikan sejumlah soal di setaip semester yang dapat di pelajari oleh peserta didik di kelas bersama guru.

10. Media
Media ini untuk menyajikan pembelajaran. Karena media menjadi faktor penentuk keberhasilan pembelajaran bagi guru di kelas ataupun di luar kelas. Dengan alat media ini guru dapat berinovasi dan kreativitas sendiri di dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan materi dan pkokp pembahasan yang di pelajari.

<<< Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat >>>
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perangkat Pembelajaran yang Harus Dimiliki Oleh Guru di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com