Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas secara keseluruhan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini setidaknya ada 4 cara yang dapat di lakukan dalam satu siklus pembelajaran yang harus terpenuhi. Apa saja dari ke 4 Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas? Adapau dari ke Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang dimkasud adalah sebagai berikut.

1. Menyusun Rancangan Tindakan (Perencanaan)
Pada tahap awal ini, peneliti menjelakan apa, mengapa, kapan, dimana, oleh siapa dan bagaiman penelitian tindakan kelas dilakukan. Peneliti menentukan titilk-titik atau fokus peristiwa yang perlu mendapat perhatikan khusus untuk diamati. Kemudian membuat sebuah instrumen pengamatan untuk membantu peneliti  merekam fakta-fakta yang terjadi selama pengamatan berlangsung. Strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan selera guru (peneliti) agar pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat terjadi dengan wajar tanpa merubah pembelajaran sebelumnya.

2. Pelaksanaan
Rancangan pelaksanaan penelitian tindakan kelas di implementasikan atau diterapkan dan yang perlu di perhatikan adalah harus ada komitmen guru untuk tetap mengikuti rancangan yang telah di rencanakan sebelumnya tanpa merubah kewajaran berprilaku, serta hindari situasi kekakuan. Artinya biarkan mengalir seperti biasa suapaya informasi yang diperoleh akurat

3. Pengamatan
Pada saat pengamatan berlangsung sebaiknya dilakukan bersama dengan pelaksanaaan pembelajaran, akan sangat sulit apabila peneliti (guru) juga bertindak sebagai pemgamat. Dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelemahan ini. Pertama dengan menjamin obyektifitas reflesi atau evaluasi atas pembelajaran dan yang kedua dengan memanfaatkan media informasi seperti kamera CCTV. Pada umumnya peneliti (guru) memanfaatkan teman sejawat untuk membantu mengamati kejadian-kejadian selama pembelajaran berlangsung

4. Refleksi atau pantulan
Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan menelusuri kembali perjalanan pelaksanaan pembelajaran dengan jalan meningat-nginat kejadian-kejadian yang terjadi selama pembelajaran. Kegiatan reflesi ini biasanya dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan.

Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK
Sedangkan untuk pengertian dari Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu cara untuk dapat menentukan solusi atas permasalahan di kelas dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana PTK terdiri tiga bagian yang harus di perhatikan yaitu Penelitaian, tindakan dan kelas. Dari ketiga kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda.
  1. Penelitian - Kegiatan ini mencermati suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu. Tujuannya untuk mendapatkan data dan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti (guru)
  2. Tindakan - Suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam PTK berbentuk rangkaian sikulasi kegiatan
  3. Kelas - Sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Dalam penelitian PTK kelas bukan "Ruangan tempat guru mengajar" tetapi sekelompok peserta didik yang sedang belajar
Berdasarkan dari ketiga pengertian diatas dari kata penelitan, tindakan dan kelas tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas (Prof. Dr. Suharsimi arikunto). Tentunya setiap kegiatan yang dimaksud adalah akibat dari permasalahan yang timbul dikelas yang telah mempengaruhi hasil belajar siswa.

Dalam penelitian tindakan kelas, guru biasanya bertindak sebagai peneliti karena guru mengerti dan memahami betul perkembangan dan karateristik belajar peserta didiknya. Selain itu sepanjang kegiatan penelitian berlangsung, pembelajaran akan tetap berjalan sebagaimana miasanya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com