Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Syarat Untuk Mendirikan Sekolah TK BK TPA

Syarat Untuk Mendirikan Sekolah TK BK TPA - Selamat siang ini ayah Bunda dimanapun beda.Insallah kami akan berbagi informasi lagi hari ini, namun untuk pembahasan kali ini adalah bagi ayah bunda yang berkeingian untuk mendirikan sekolah TK BK dan TPA sejenisnya. Insallah dengan menyimak informasi di blog info-dokumenpaud.com ini sedikit mendapatkan gambaran tentang mendirikan sekolah taman kanak-kanak. Lalu apa saja syarat untuk Mendirikan Sekolah TK BK dan TPA?. Insallah kami akan informasikan secara singkat dibawah ini.

Syarat Untuk Mendirikan Sekolah TK BK TPA

Syarat untuk mendirikan Sekolah TK BK PAUD sama halnya dengan prosedur dalam mendirikan sekola-sekolah lainnya. Yang membedakan hanyalah kelengkapan pada dokumen-dokumennya saja. Karena setiap lembaga yang kita tuju untuk mendirikan sebuah yayasan ( sekolah ) yang pastinya segala persyaratan pastinya sedikit berbeda.

Begitupula dengan syarat untuk mendirikan sekolah PAUD/TK memiliki tahap-tahap apa bila ayah bunda berkeingian untuk mendirikan sekolah paud. Adapun untuk langkah-langkah awal yang harus dipersiapakan pengajuan berkas antara lain:
  • Persiapkan Dokumen awal pendirian PAUD/TK
  1. Membentuk sebuah Yayasan. Yayasan ini yang nantinya akan menaungi dan bertanggung jawab dalam oprasional PAUD/TK/TPA.
  2. Mengurus surat ijin persetujuan warga sekitar. Hal seperti ini dapat dilakukan dengan cara. (a) Membuat surat keterangan yang di tanda tangani oleh RT dan RW. (b). Membuat surat pernyataan persetujuan yang di tanda tangani oleh warga sekitar.
  3. Mengurus surat ijin domisili. Dengan bebekal dari surat keterangan dari RT dan RW kita dapa mengurus surat ijin domisili yang di tanda tangani oleh kelurahan dan kecapatan.
  • Persiapkan Lokasi PAUD/TK.
Untuk persiapan lokasi yang akan di jadikan tempat berdirinya sekolah, ini sesuai dengan ke inginan Ayah bunda untuk memilih tempat lokasi yang strategis dan mudah di jangkau oleh masyarakat sekitar. Karena dengan letak lokasi yang strategis dapat mendatangkan siswa dengan mudah, apa bila segala administrasi sudah rampih.
  • Persiapkan Sarana dan Fasilitas PAUD/TK
Untuk pada bagian saran dan prasarana (Fasilitas) kita harus siapkan berupa bangunan paud yang dapat menjamin tempat, yaitu menyulap sebuah rumah mengaggur, bagunan sendiri. Dimana di dalamnya minimal harus ada mainan edukatif baik itu untuk mainan luar ruangan (outdoor) maupun untuk mainan di dalam ruangan (Indoor). Untuk tempat bermain anak-anak di sekolah PAUD ayah bunda dapat melihat dibawah ini.
  1. Area Maina - Untuk area yang pertama ini yaitu sebua sudut ruangan yang berisikan mainan dari berbagai keterampilan bagi anak-anak, seperti permainan Matematika, Motorik halus, motorik kasar maupun mainan lainnnya.
  2. Area Pasir dan Air - Area ini bisanya anak-anak lebih senang bermain air dan pasar, sehingga guru harus mampu memberikan dan mengembangkan motorik halus dan juga motorik kasar.
  3. Area Cerita - Yaitu sebuah arena yang dapat dipakai untuk mendengarkan cerita, berdiskusi, bercengkrama dan mengobrol.
  4. Area Seni - untuk area seni yaitu harus tersedia panggung ekspresi berbagai boneka dan juga penunjang lainnya yang dapat digunakan untuk arena seni
  5. Area Musik - Dan yang terakhir adalah sebagai tempat untuk melihat minat dan bakat bagi siswa yang berupa beralatan musik seperti piano, drum kecil, suling dan lain sebagainya.
  • Persiapkan Tenaga Pendidik dan kependidikan PAUD/TK
Untuk mendirikan sekolah PAUD /TK tentunya harus memiliki tenaga pendidik dan kependidikan agar semua program sekolah paud dapat berjalan dengan baik. Apa bila ayah bunda kehendak mendirikan sekolah PAUD/TK maka carilah tenaga pendidik yamhg lebih diutamakan sudah lulus S1 PAUD dari lingkungan sekitar atau kerabat kita sendiri. Selain memiliki gelar seorang pendidik di TK/PAUD harus sabar dalam menghadapi anak-anak dalam mengarnya. Bentuk struktur organisasi PAUD harus jelas mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik hingga pada bagian tata usaha.
  • Pemasaran PAUD/TK
Untuk bagian pemasaran PAUD/TK atau yang di kenal dengan Marketing ini dapat dilakukan dengan cara membuat papan nama sekolah paud, membuat spanduk untuk di pasang di lokasi yang terlihat dan strategis, dan membuat brosur untuk dibagikan kepada linkungan masyarakat sekitar yang memiliki usia antara 0-6 tahun.

Selanjutanya adalah apabila diatas sudah diperhatikan maka langka awal untuk mengajukan pendirian sekolah PAUD/TK. Maka kami akan melampirkan berkas-berkas pendirian sekolah PAUD/TK.
  1. Surat permohonan ijin pendirian dari yayasan penyelengara
  2. Akte pendidi yayasan
  3. Surat persyaratan tidak keberatan dari warga sekitar
  4. Rekomendasi dari kepala desa
  5. Rekomendasi dari kecamatan
  6. SK pengangkatan penyelenggara (yayasan/UPTD)
  7. SK Pengangkatan Guru oleh yayasan
  8. Studi kelayakan dari pemilik
  9. Rekomendasi dari UPTD/PAUD/SD
  10. Satatus kepemilikan tanah banguan (Sewa, menumpang, dll)
  11. Surat keterangan kurikulum yang digunakan
  12. Daftar Fasilitas sarana dan prasarana belajar
  13. Identitas dan alamat sekolah
  14. Struktur organisasi
  15. Fotocopy Ijazah penyelenggara dan tenaga guru
  16. Dena atau peta lokasi sekolah
  17. Foto kegiatan belajar dalam dan di luar kelas
  18. Foto bangunan tampak depan, belakang, samping kiri dan kanan.
Demikianlah kami berbagi informasi tentang syarat untuk mendirikan sekolah TK/PAUD/TPA, semoga dengan adanya informasi ini ayah bunda yang berkeinginan untuk mendirikan yayasan sekolah PAUD dapat berjalan lancar segala kelengkapan sudah terpenuhi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Syarat Untuk Mendirikan Sekolah TK BK TPA di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com