Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD

3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD - Sebelum kita membahas dari ke tiga metode pembelajaran di sekolah TK/PAUD, sebelumnya kita terlebih dahulu melihat apa sih yang di maksud dengan metode pembelajaran itu terutama khusus untuk Taman Kanak-Kanak (TK/PAUD).
3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD
3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD
Jadi yang di maksud dengan metode pembelajaran adalah suatu metode yang digunakan pendidik dalam mengajar, dan ini merupakan salah satu kunci utama keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik (guru). Dengan metode pembelajaran pada dasarnya adalah cara yang dilakukan pendidik untuk membelajarkan kepada anak agar anak mencpai kompetensi yang di tetapkan oleh guru (pendidik).

Selanjutnya yang termasuk ke dalam 3 contoh metode pembelajaran untuk sekolah TK/PAUD antara lain:
  1. Metode Bercerita
  2. Metode Bercakap-cakap
  3. Metode Tanya jawab.
Dari ketiga metode diatas tentunya memiliki pengertian yang berbeda-beda, jadi mari kita bahas satu persatu secara sederhana agar dapat kita memahami dari ketiga metode diatas.

A. Metode Bercerita Adalah Suatu cara bertutur kata dan penyampaian cerita atau memberikan penjelasan tentang suatu cerita kepada anak secara lisan dan jelas.

B. Metode Bercakap-cakap adalah suatu kegiatan bercakap-cakap atau yang sering kita kenal adalah tanya jawab antara anak dengan guru, antara anak dengan anak bercakap-cakap dapat dilaksanakan dalam bentuk seperti dibawah ini
  • Bercakap-cakap bebas
  • Bercakap-cakap menurut tema
  • Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
  • Dalam bebas kegiatan tidak terkait dengan tema, tetapi pada kemampuan yang diajarkan bercakap-cakap menurut tema tertentu. bercakap-cakap  berdasrkan gambar seri menggunakan gambar seri sebagai bahan pembicaraan.
C. Metode Tanya Jawab Adalah suatu metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat Two Way Trafik. Sebab pada saat yang sama terjadi dialog antar pendidik dan anak. Pendidik bertana anak menjawab atau anak bertanya pendidik menjawab. Dalam komunikasi ini terligat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara pendidik dan anak.

Ada Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menerapkan metode tanya jawab ini, yaitu:
  1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab - Untuk bagian satu ini ada 3 tujuan yang harus di perhatikan dalam menerapkan metode tanya jawab yaitu: (a). Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasi oleh anak (siswa), (b). Untuk merangsang siswa berpikir, (c). Memberi kesempatan kepada anak untuk mengajukan masalah yang belum di pahami (tidak mengerti).
  2. Jenis pertanyaan - Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yaitu pertanyaan ingatan dan pertanyaan pikiran. Pertanyaan ingatan yang dimaksud adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada si anak. Biasanya pertanyan berpangkal kepada "Apa, kapan, Dimana, Berapa" dan yang lainnya. Sedangkan untuk Pertanyaan Pikiran adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan dan cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata "Mengapa, Bagaimana"
  3. Teknik pengajukan pertanyaan - Untuk yang terakhir ini bisanya keberhasilan atau tidak berhasilnya suatu metode tanya jawab ini tergantung kepada teknik guru dalam mengajukan pertanyaan. Karena metode tanya jawab ini bisanya dipergunakan apabila : (a). Bermaksud mengulang bahan pelajaran, (b). Ingin membangkitkan siswa belajar, (c). Tidak terlalu bayak siswa, (d). Sebagai selingan metode ceramah.
Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat dan menjadi nilai tambah wawasan sebagai pendidik dengan adanya artikel singkat tentang 3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD ini. Wassalam.

Terima kasih telah membaca artikel tentang 3 Contoh Metode Pembelajaran Di Sekolah PAUD di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com