Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

perangkat pembelajaran pai sd kurikulum 2013 semester 2_SD SWASTA

Berikut adalah perangkat pembelajaran pai sd kurikulum 2013 semester 2 yang akan kami bagikan pada postingan kali ini. Kami harap dengan adanya perangkat pembelajaran yang kami sediakan diblog kami ini menjadikan satu acuan atau referensi sebagai pembuatan administrasi. Jadi Bapak ibu guru  SD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang melakukan Penelusuran yang terkait dengan perangkat pembelajaran SD Kurikulum 2013 Revisi 2017, dibawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD berupa RPP PAI kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dam Kelas 6 SD kurikulum 2013 revisi 2017.

perangkat pembelajaran pai sd kurikulum 2013 semester 2 (SDIT SWASTA)


Setiap guru wajib membuat perangkat pembelajaran baik berupa Promes, Prota, Silabus, KKM, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.

Saat ini setiap sekolah sudah harus wajib menggunakan Kurikulum  2013 yang setiap tahunnya dilakukan penyempurnaan agar pendidikan berhasil.  dibawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD berupa RPP PAI kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dam Kelas 6 SD kurikulum 2013 revisi 2017.

Dibawah ini kami sediakan satu contoh RPP dari kelas 6 :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Indahnya Saling Menghormati

Nama Sekolah                     :    SD ...................................
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    VI / I
Materi Pokok                      :   Q.S. Al-Kafirun    
Alokasi Waktu                    :   4 x 4 Jam Pelajaran (3 pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.

1.5   Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.

2.
2.12 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al- Maidah (5):2

3.
3.1   Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
3.1.1 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.
4.1   Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2   Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3   Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5):2 dengan benar
4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2.1 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3.1 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5):2 dengan benar
4.4.1 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2

C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al- Maidah (5):2
 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5):2 dengan benar
Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2

D. Materi Pembelajaran
Bacaan Q.S. Al-Kafirun
MaknaQ.S. Al-Kafirun
Arti Q.S. Al-Kafirun
Pesan Q.S. Al-Kafirun

E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah  interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian)
2. Diskusi dalam bentuk the educational-diagnose  meeting  artinya  peserta  didik  berbincang

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
2. Alat:
Kertas karton, CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls VI.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (20 menit)
Pembelajaran dimulai dengan:
1) guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
2) guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3) guru menyapa peserta didik; dan
4) guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya dari uraian RPP PAI Kelas 6 dapat bapak ibu guru unduh dibawah ini sudah kami siapkan secara lengkap.

Link Download
Download dibawah ini:

Silabus PAI kelas 1-6 SD  Kurikulum 2013 revisi 2017
Terimakasih, semoga dari file yang kami share dapat bermanfaat untuk bapak dan ibu yang membutuhkan perangkat sekolah kurikulum 2013.
Terima kasih telah membaca artikel tentang perangkat pembelajaran pai sd kurikulum 2013 semester 2_SD SWASTA di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com