Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

perangkat kurikulum 2013 sd observatory (Penelitan Tindakan Kelas) - SD SWASTA

perangkat kurikulum 2013 sd observatory | Perangkat kurikulum 2013 SD sebagai kurikulum yang terbaru bagi sekolah yang berada di naungan Dinas Pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat menengah yang sudah mulai diterapakan di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga dengan adanya kurikulum 2013 ini secara bertahap bagi sekolah harus menggunakan kurikulum 2013 dengan persiapan dengan matang agar dalam proses pembelajarannya mudah di pahami serta peserta didik dapat menangkap materi pembelajaran yang berbasiskan kurikulum 2013.


perangkat kurikulum 2013 sd observatory (Penelitan Tindakan Kelas) - SD SWASTA
 perangkat kurikulum 2013 sd observatory (Penelitan Tindakan Kelas) - SD SWASTA

Dari Model pembelajaran kurikulum 2013 terutama untuk jenjang SD ada beberapa kompetensi yang harus di pahami, di kuasi oleh guru agar dapat dengan mudah menyampakan metode pembelajaran tersebut. berikut ini  

Pembelajaran Tematik Integratif

Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Pada dokumen Kurikulum 2013 untuk jenjang SD/MI tercantum:
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
b. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
c. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
d. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
e. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
f. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
2. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika
5. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam
6. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Seni Budaya dan Prakarya
8. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


Dengan demikian bagi rekan guru yang membutuhkan suatu penelitian tindakan kelas yang bertemakan kurikulum 2013 dapat mengunduh file yang kami sediakan diatas. Sampai di sini dulu yang dapat kami postingkan dan terimakasih semoga bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang perangkat kurikulum 2013 sd observatory (Penelitan Tindakan Kelas) - SD SWASTA di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com