Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah PAUD/TK Berbasiskan Kelurga

Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah PAUD/TK Berbasis Keluraga - Seorang anak adalah amanah dari Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu setiap orang tua wajib untuk merawat, mengasuh dan mendidikanya dengan baik agar mereka tumbuh menjadi manusia yang seutuhnya. Manusia yang seutuhnya di sini adalah manusia yang berkembang secara optimal segenap potensi yang dimilikinya. Anak dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah), seperti kertas putih yang suci dan bersih. Akan tetapi sejumlah potensi telah di siapkan dalam diri anak yang harus menjadi tanggung jawab orang tua, masyarakat dan bangas. Dengan adanya pendidikan PAUD/TK berbasiskan keluarga diharapkan dapat berkembangn sesuai dengan karakter lingkungan keluarga terbiasa dengan keadaan yang menyenangkan di lingkungan keluarga dan dapat mewujudkan kebahagiaan untuk anak usia dini.
Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah PAUD/TK Berbasis Keluraga

Karena Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan negara. Keluarga itu sendiri adalah tempat pendidikan pertama dan utama bagi seorang anak, mereka berada dalam keluarga sejak dalam kandungan sampai menjelang pernikahan. Oleh karena itu peranan keluarga sangat penting dalam perjalanan seorang anak adanya pendidikan PAUD\/TK yang berbasisikan keluarga (parenting) diharapkan dapat memaksimalkan pendidikan anak usia dini. Dalam pedoman penyelenggaraan keluarga parenting ini kemdikbud 2012 telah menyatakan bahwa : 

"Keluarga sebagai lembaga pendidikan informal di lindungi dalam undang-undang sistem pendidikan nasional. Menurut Ki Hadjar Dewantara : "Keluarga adalah lingkungan pendidikan yang pertama dan utama". Dengan demikian, peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak tidak dapat digantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Untuk itu keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan serta perlindungan."

Keterlibatan bagi orang tua sangatlah penting terutama dalam pendidikan anak usia dini, oleh karena itu suatu kerjasama kemitraan antara orang tua dan lembaga pendidikan anak usia dini merupakan suatu hal yang mutlak dengan pendidikan PAUD/TK yang berbasis parenting, aga dapat mengoptimalkan perkembangan anak secara utuj dan menyeluruh sehingga mereka menjadi insan yang cerdas, tanggung dan berkarakter unggul. Dimana orang tua di tuntut untuk aktif menjalin kerja sama dengan sekolah demi tercapainya pendidikan anak-anak tercinta secara optimal.

Demikian juga sebaliknya bagi sekolah dalam hal ini yaitu lembaga pendidikan anak usia dini PAUD/TK hendaknya menyediakan kegiatan yang secara khusus untuk menjalin kerjasama dengan orang tua. Kegiatan tersebut dapat berupa program Ko parenting". Yaitu suatu kegiatan kemitraan antara orang tua dengan sekolah sebagai sarana untuk menginformasikan berbagai kegiatan di sekolah dan kemungkinan usaha-usaha yang dapat dilakukan orang tua dalam mendukung perkembangan potensi anak secara optimal.

Di dalam pedoman pendidikan anak usia dini yang berbasiskan keluarga yang dikleluarkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012 yaitu :

"Keselarasan pendidikan yang dilaksanakan di lembaga paud dan di rumah dikaui oleh para ahli pendidikan sebagai salah satu faktor penetu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh. Oleh karena itu penting kiranya lembaga PAUD memfasilitasi penyelenggaran Program PAUD yang berbasiskan keluarga sebagai upaya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga pendidikan dan dilakukan di rumah."

Setiap setiap manusia adalah makhluk sosial, begitu juga dengan anak usia dini yang memang termasuk kedalam manusia sebagai makhluk sosial. Ketika anak melihat otang tua mereka dan guru salaing berbagi tentang kemajuan perkembangan anak mereka. Dan perencanaan untuk pengembangan mereka secara bersama-sama, mereka akan mersakan bahwa mereka dihargai oleh masyarakat dan keluarga dengan pendidikan PAUD/TK berbasisikan keluarga

Ini memotivasi mereka dalam belajar dan memacu mereka untuk menyadari tujuan dan ambisi mereka sepanjang hidup. Orang tua yang secara teratur diberitahu tentang kemajuan anak-anaknya di sekolah, dan mereka selalu dilibatkan dalam program perkembangan aspek-aspek perkembangan anak-anak mereka di sekolah, serta mereka akan merasakan bahagia dan puas apa yang mereka dapatkan dari informasi dari sekolah dengan adanya program pendidikan berbasiskan keluarga.

Itulah yang dapat saya urangkan secara singkat mengenai Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah PAUD/TK Berbasis Kelurga, semoga antara orang tua dan lembaga pendidikan sekolah paud/tk dapat bekerja sama untuk meningkatkan potensi anak didik di sekolah dan di rumah (dalam keluarga).
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah PAUD/TK Berbasiskan Kelurga di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com