Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Contoh Permainan Edukasi Anak Usia Dini PAUD/TK

Contoh Permainan Edukasi Anak Usia Dini - Dunia anak adalah dunia bermain, dengan bermain dapat memberikan manfaat yang maksimal pada anak jika terpenuhi beberapa kebutuhan dengan bermain edukatif anak usia dini. Dibawah ini ayah bunda dapat melihat beberapa jenis permainan yang bersiafa edukatif yang akan saya uraikan dibawah dan semoga dengan apa yang saya uraikan dan menjelaskan permainan edukatif dapat memberikan gambaran untuk ayah buda dalam memberikan materi permaian yang bersifat edukatif.

Contoh Permainan Edukasi Anak Usia Dini PAUD/TK

Berikut ulasan dari beberapa Permainan Edukasi Anak Usia Dini :
1. Play Time
Play time ini merupakan jenis permaian yang membutuhkan wakut yang cukup lama dalam bermaim. Di mana masa usia ini merupakan masa bermain, bukan masak anak untuk dipakasa belajar atau bekerja. Saat yang tepat untuk anak bermain dapat disesuaikan dengan jenis permainan. Jika permainan di luar ruangan kelas sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau pada waktu sore hari. Agar anak merasa nyaman dengan udara yang sejuk dan tidak panas pada saat permainan edukatif anak usia dini.

2, Play Things
Dari jenisa permainan ini harus di sesuaikan dengan anak dan taraf perkembangannya, Alat permainan hendaknya bisa memenuhi kriteria seperti dibawah ini:
- Aman bagi anak
- Ukuran bentuk dan warna sesuai anak dan taraf perkembangannya
- Dapat dimainkan secara bervariasi atau cara
- Merangsang partisipasi aktif anak menurut seorang alah Dr. Fitzhugh Dodson bahawa 90 %aktifitas anak dan 10% aktifitas alat bermain
- Sesuai kemampuan anak (tidak terlalu sulit atau terlalu mudah)
- Menarik dari segi warna dan bentuk atau suara (Jika bersuara)
- Tahan lama atau tidak mudah rusak
- Mudah di dapat dan dekat dengan lingkungan anak
- Diterima oleh semua budaya

Jumlah alat permainan yang digunakan hendaknya cukup dengak kebutuhan anak, tidak terlalu sedikit dan atidak terlalu banyak.

3. Play Fellows
Anak harus merasa yakin bahwa ia mempunyai teman bermain jika ia memerlukan. Teman bermain dapat di tentukan anak sendiri, apakah itu oang tua, saudara atau temannya. Jika anak bermain sendiri, maka i akan kehilangan kesempatan bermain dari teman-temannya. Sebaiknya kalau terlalu banya bernain dengan anak lain, maka dapat mengakibatkan anak tidak mempunyai kesempatan yang cukup untuk menghibur diri sendiri dan menentukan kebutuhan sendiri.

4. Play Space
Jenis permainan ini harus disediakan tempat bermain yang cukup untuk anak sehingga anak dapat bergerak dengan bebas.Luas tempat bermain dapat di sesuaikan dengan jenis permainan dan jumlah anak yang bermain edukatif anak usia dini.

5. Play Rules
Anak belajar bermain, melalui mencoba-coba sendiri, meniru teman-temannya atau diberitahu caranya oleh orang lain (guru atau orang tua). Cara yang terakhir ini adalah yang berbaik, karena anak tidak terbatas pengetahuannya dalam menggunakan alat permainannya dan anak akan mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi. Jadi pada dasarnya permainan yang baik adalah permainan yang ada cara atau aturan bermainnya.

Nah...itulah yang dapat saya uraikan dari tiap penjelasan dari Contoh Permainan Edukasi Anak Usia Dini, semoga ini menjadi tambahan wawasan dalam memberikan materi dengan materi bermain "Edukatif Anak Usia Dini",

Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Permainan Edukasi Anak Usia Dini PAUD/TK di blog SITUS PENDIDIKAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com